Temuan B117, Warga Diingatkan Hindari Keramaian Isra Miraj

Temuan B117, Warga Diingatkan Hindari Keramaian Isra Miraj

Jakarta, CNN Indonesia -- 

Warga kembali diingatkan untuk mengurangi atau bila memungkinkan tidak melakukan mobilitas selama libur panjang akhir pekan pada 11-14 Maret 2021. Libur kali ini bertepatan dengan peringatan Isra Miraj, libur akhir pekan, dan Hari Raya Nyepi.

Imbauan yang disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyusul temuan sementara enam kasus mutasi virus SARS-CoV-2 varian B117 di Indonesia.

Rinciannya, dua kasus ditemukan di Karawang, Jawa Barat, kemudian empat kasus lainnya berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan masing-masing satu kasus.

"Tentunya tambahan kasus varian B117 ini, tentu kami mengharapkan masyarakat semakin waspada dan mengimbau masyarakat tetap terus disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M di masa liburan tersebut, serta mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian," kata Nadia yang juga Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes tersebut melalui konferensi pers di kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Senin (8/3).

Nadia juga meminta agar temuan enam kasus itu dapat menjadi salah satu bahan evaluasi masyarakat untuk memperketat penerapan protokol kesehatan di manapun berada. Apalagi mengingat, enam kasus B117 itu dilaporkan hanya mengalami gejala ringan hingga sedang yang dikhawatirkan akan dianggap enteng.

"Hasil pelacakan kasus empat kasus ini, maka empat kasus ini semuanya mengalami gejala ringan dan sedang dan hanya melakukan isolasi secara terpusat di tempat isolasi. Dan memang ada yang dirawat di rumah sakit, tapi dengan kondisi ringan-sedang," jelas dia.

Terpisah, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto juga melarang pegawai negeri sipil (PNS) pergi ke luar kota selama libur panjang esok. Ia menegaskan pelarangan juga berlaku bagi abdi negara lainnya.

Sebagaimana diketahui, akhir pekan ini, masyarakat Indonesia akan menjalani libur panjang akhir pekan. Peringatan Isra Miraj jatuh pada hari Kamis (11/3). Awalnya, pemerintah menjadwalkan cuti bersama pada Jumat (12/3). Tapi, cuti bersama itu dicabut karena pandemi virus corona belum terkendali.

Bila berkaca pada kasus-kasus pada tahun lalu, libur panjang rata-rata menyumbang kenaikan kasus baru infeksi virus corona hingga 30-40 persen.

Tercatat, penambahan jumlah kasus positif Covid-19 baik secara harian maupun kumulatif mingguan melonjak 69-93 persen sejak libur Idul fitri 22-25 Mei 2020. Lonjakan kasus itu terlihat dalam rentang waktu 10-14 hari kemudian.


Print